open mind.com weblog


Plastisol adalah jenis tinta tekstil yang berbasis minyak (solvent-based), terbuat dari campuran pigmen dan resin PVC yang didispersikan dalam Plasticizer. Tinta ini sangat mudah digunakan karena tinta tidak akan kering pada saat penyablonan sehingga bisa dilakukan oleh siapapun tanpa khawatir tinta akan kering dipermukaan screen.

 plastisolSecara komersial  tinta plastisol dijual sebagai pasta satu komponen, dalam aplikasinya tidak diperlukan pengukuran atau pencampuran. Fleksibilitas jangka panjang merupakan kelebihan tersendiri dari  plastisol.  Bahan plastisol dapat diformulasikan menjadi busa yang lembut atau padat keras. Dapat diformulasikan untuk tahan air, tahan bahan kimia dan tahan cuaca.

Tinta plastisol tidak akan kering pada suhu ruangan, dibutuhkan suhu tertentu agar tinta ini dapat curing (matang).  Tinta plastisol akan kering pada suhu 110oC untuk pengeringan pada permukaannya (flash curing), hal ini dilakukan jika kita akan melakukan penyablonan dg beberapa warna. Sementara pengeringan sempurna bisa dicapai pada suhu 160oC – 180oC.

 Ada beberapa alat yang umum dipakai untuk proses pematangan, misalnya infra red curing , microwave, oven listrik (spacenya terbatas), rangkaian kawat wolfram,  hot gun, dll.

Kelemahan perekat plastisol yang menonjol adalah dibutuhkannya temperatur curing (pematangan) yang tinggi (160oC – 180oC) sehingga menyebabkan keterbatasan aplikasinya pada bahan yang sensitif terhadap panas.

 

Jenis Tinta Plastisol

ada beberapa jenis tinta plastisol yang dijual di pasaran,diantaranya:

 1.Color Mixing System. Jenis ini terdiri dari beberapa warna yg dapat dicampur satu sama lain untuk menghasilkan warna tertentu. Umumnya tersedia dalam 5 warna primer (putih,hitam,merah,kuning,dan biru) yang dapat dicampur untuk mendapatkan warna tertentu. Di pasaran juga tersedia warna fluorescent merah, kuning, biru, pink, dan ungu.

 2. Process Inks. Jenis ini digunakan untuk sablon separasi dengan cara wet on wet (basah timpa basah). Tersedia dalam warna Cyan. Magenta,Yellow, dan Black.

 3. Tinta Putih. Sebagai tinta dasar (underbase), atau digunakan utk sablonan warna putih.

 4. Tinta Clear (bening). Biasanya digunakan sbg media glitter, metalic,caviar beads, dll

 

MEKANISME  KERJA PLASTISOL

Pada dasarnya cara kerja tinta plastisol adalah membuat plastic PVC yang terdispersi dalam plasticizer menjadi matang dengan melakukan sebuah reaksi sambung silang (cross linking). Bahan yang biasa dipakai sebagai cross linker adalah peroksida organik, misalnya Dicumyl peroxide (DCP). DCP ini di-dekomposisi-kan untuk menghasilkan radikal aktif yang membuat terjadinya reaksi sambung silang polimer PVC. Temperatur yang dibutuhkan agar DCP terdekomposisi ada di kisaran  140oC – 200oC. Itulah sebabnya mengapa Plastisol membutuhkan suhu yang cukup tinggi agar matang sempurna.

Resin PVC yang digunakan dalam perekat plastisol biasanya merupakan campuran antara jenis  suspensi dan dispersi. Resin PVC (dalam bentuk bubuk halus) ini didispersikan ke dalam plasticizer (berbentuk cairan agak kental). Dalam formulasi plastisol, plasticizer sama pentingnya dengan PVC resin. Plasticizer akan menentukan karakter rheologi plastisol dalam bentuk pasta dan sifat fisis setelah terjadi curing. Sifat sifat tersebut akan tergantung dari konsentrasi dan jenis plsticizer yang digunakan dalam formulasi. Plasticizer yang umum dipakai dalam plastisol adalah jenis pthalat (DOP atau DBP). Selain itu masih dibutuhkan beberapa aditif lain untuk mendapat karakter plastisol yang diinginkan.

Berikut ini aku berikan starting formulation yang bisa anda pakai untuk memulai percobaan membuat tinta plastisol putih (jenis color mixing system). Formulasi ini hanya sekedar formulasi dasar yang harus anda modifikasi sendiri untuk mendapat hasil yang sesuai dengan kebutuhan anda.

 Tinta Plastisol Putih (color mixing system)

 

Resin PVC suspension grade (SG-5)      50 gram

Resin PVC dispersion grade                     200 gram

Titanium dioksida (TiO2)                           250 gram

DOP/DBP                                                      400 gram

Zinc Oxide                                                    10 gram

Stearic acid                                                  10 gram

Calcium carbonate                                     50 gram

Dicumyl Peroxide (DCP)                           20 gram

 

Prosedur:

 Pengerjaan pencampuran pasta plastisol ini  sangat optimal jika dilakukan dengan mixing pada suhu sekitar 70oC… silahkan sesuaikan peralatan anda.

 

1.     Masukkan DOP pada bejana stainless, sambil diaduk pelan tambahkan Titanium dioksida. Naikan kecepatan mixer, aduk 2 jam dengan high speed (1.500 – 2.000 rpm) hingga partikel titan menjadi halus.

2.     Sambil terus diaduk tambahkan resin PVC sedikit demi sedikit sampai tercampur merata  (gunakan pemanasan suhu 70oC) hingga terbentuk pasta yang lembut.

3.     Turunkan kecepatan mixer menjadi medium speed (500 rpm)

4.     Tambahkan berturut-turut kalsium, zinc oxide, stearic acid dan DCP.

5.     Aduk hingga rata sempurna.

 

Keterangan:

 ·        Kekentalan pasta dapat anda sesuaikan dengan menambahkan atau mengurangi komposisi DOP.

·        Jumlah DOP berpengaruh pada kelenturan hasil akhir.

·        Tingkat kekerasan dan tingkat kekeringan hasil akhir dapat anda sesuaikan dengan mengatur jumlah DCP.

·        Untuk membuat warna lain, anda tinggal ganti titan dengan pigmen warna.

·        Anda juga bisa menggunakan liquid colorant dyestuff utk memperoleh warna transparan.

·        Untuk menekan harga anda dapat memperbesar komposisi kalsium dalam jumlah tertentu, tetapi semakin besar jumlah kalsium maka kualitas hasil akhir akan menurun.

 

 

SELAMAT MENCOBA

Comments on: "CARA MEMBUAT TINTA PLASTISOL" (9)

  1. tessa renata said:

    terima kasih banyak untuk ilmunya Pak….punya ilmu untuk tinta lainkah?  tinta printer ink jet atau offset?

    thanks & rgards,

    • Salam Tessa,

      membuat tinta printer inkjet tidaklah sulit, tetapi ada hal lain yang harus saya pertimbangkan jika harus menuliskannya di blog ini…. maklum…. Indonesia rawan pembajakan🙂

      mengenai tinta offset ditunggu aja yach🙂

  2. Wow, inilah memang yang selama ini dicari-cari, membuat berbagai produk kimia dalam bahasa indonesia…Pak Cahyo sangat luar biasa untuk bersedia membagikannya pada kami, dan akan sangat sangat membantu (khususnya untuk saya pribadi) apabila Pak Cahyo juga memberikan bahasa jual di toko kimia untuk nama-nama bahan kimia yang dicantumkan. Semisal resin PVC, DOP/DBP,Zinc Oxide, DCP, para penjual kurang paham namanya.
    Sekalian saja Pak Cahyo, mohon di jelaskan pembuatan dan bahan (murah dan mudah didapat) untuk “superwhite”, “GL”, emulsi afdruk film, pembersih film screen serta bahan pengencer tinta (supaya tidak cepat mengental).
    Apakah tinta tersebut dapat dipergunakan di printer biasa (inkjet/deskjet) ? Maaf Pak bila sangat merepotkan. Terimakasih.

    • Salam Kurnia,

      bahan2 tersebut di atas sudah saya tuliskan dengan nama dagang yang umum, tinggal cari supplier yang menyediakan bahan tersebut…yaitu supplier kimia yg memiliki divisi utk industri plastik.

      Tinta plastisol peruntukkannya bukan utk printer inkjet/deskjet.

      Mengenai formulasi produk yang anda minta akan saya pertimbangkan utk ditulis dalam blog ini. Terima kasih.

  3. salam kenal pak paulus, pak apa bisa mintak formula cat wash?

  4. ya pak.

  5. ijin copas om kalo boleh, sumber link pasti pasti diikut sertakan.
    God bless

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: