open mind.com weblog

CARA MEMBUAT WOOD STAIN


Woodstains Stain adalah suatu bahan untuk mewarnai permukaan kayu secara langsung (staining) maupun tak langsung (toning) tanpa menutup serat kayunya, jadi warna kayu berubah namun tekstur serat kayunya tetap terlihat (transparan).

Secara garis besarpigment, wood stain adalah pewarna dyestuff berbahan aniline  yang dilarutkan dalam media tertentu. Bagi anda yang belum akrab dengan istilah dyestuff, dyestuff ini adalah bahan pewarna berbentuk bubuk yang biasanya dipakai untuk bahan wenter/naphtol. Dyestuff ada yang lebih sesuai dilarutkan dalam air(water-soluble), alkohol dan ada pula yang lebih optimal jika dilarutkan dalam  solvent (solvent soluble) . Maka dalam aplikasinya, ada dua jenis wood stain ,yaitu yang menggunakan solvent sebagai media pelarut (solvent-based) dan yang menggunakan air sebagai media pelarut utama (water-based).

Dyestuff tersedia dalam berbagai warna yang dapat dikombinasikan untuk memperoleh warna sesuai yang kita inginkan. Tentunya anda membutuhkan latihan dan percobaan untuk memperoleh warna tertentu yang diinginkan J

Berikut ini aku bagikan starting formulation yang dapat anda gunakan untuk membuat wood stain. Yang aku tuliskan ini hanya sebuah komposisi dasar yang dapat anda modifikasi sesuai kebutuhan anda. Dalam membuat warna tertentu yg diinginkan, anda bisa mencampurkan wood stain dengan warna tunggal yang sudah jadi (merah,kuning, biru, hitam, hijau, coklat,dll) atau membuat komposisi campuran warna  langsung dalam bentuk bubuk.


Water-based Wood Stain ( 1liter)

Air                                                       800 ml

Methyl ethyl glycol (M E G)               150 ml

Isopropyl alcohol (IPA)                       50 ml

Dyesstuff (water-soluble)                   50 gram

Prosedur:

1.     Campurkan air, MEG dan IPA dalam sebuah wadah, aduk hingga tercampur rata.

2.     Masukkan dyestuff (jenis water-soluble,warna sesuai kebutuhan) sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga larut sempurna (lebih bagus jika menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi)

3.     Oleskan sedikit ke media tertentu (misal triplek atau keramik putih) untuk membuat perbandingan warna dengan merk lain.

4.     Saring menggunakan kertas saring yang halus atau screen yg sangat halus (boleh berbahan stainless atau bisa juga menggunakan screen untuk sablon)

 

Keterangan: dyestuff bisa berupa warna tunggal maupun campuran beberapa warna yang dikomposisikan untuk mendapat warna tertentu.

 

Solvent-based Wood Stain ( 1liter)

Metanol                                                      700 ml

Butyl acetat (BA)                                        150 ml

Butyl cellosove (BC)                                  100 ml

Isopropyl alcohol (IPA)                              50 ml

Dyesstuff (solvent-soluble)                        50 gram

 

Prosedur:

1.     Campurkan Metanol, BA, BC dan IPA dalam sebuah wadah, aduk hingga tercampur rata.

2.     Masukkan dyestuff (jenis solvent-soluble,warna sesuai kebutuhan) sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga larut sempurna (lebih bagus jika menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi)

3.     Oleskan sedikit ke media tertentu (misal triplek atau keramik putih) untuk membuat perbandingan warna dengan merk lain.

4.     Saring menggunakan kertas saring yang halus atau screen yg sangat halus (boleh berbahan stainless atau bisa juga menggunakan screen untuk sablon)

 

Keterangan: dyestuff bisa berupa warna tunggal maupun campuran beberapa warna yang dikomposisikan untuk mendapat warna tertentu. Untuk modifikasi, anda bisa tambahkan pengental semisal Fumed silica.

 

SELAMAT MENCOBA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: