open mind.com weblog


Formulasi deterjen cair untuk mesin cuci/ cuci pakai tanganberikut ini bisa rekan2 gunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau mungkin dijual kecil2an… karena mutunya cukup bagus dan secar ekonomis masih memungkinkan untuk  dipasarkan…

Deterjen cair ini memiliki kemampuan anti noda, anti apek dan mencegah kotoran menempel kembali… dan menghindarkan bau tak sedap meski direndam dlm waktu agak lama.

catatan: ini hanya formulasi dasar/generik… anda bisa menambahkan bbrp bahan lain utk memodifikasinya.

Bahan:

  1. Texapon  (100 gram)
  2. Sodium Sulfat  (125 gram)
  3. Oxalic Acid/citric acid (20 gr)
  4. Water glass (100 gram)
  5. parfum  (secukupnya)

Prosedur pembuatan:

  • larutkan 125 gram Sodium Sulfat dan 20 gram Oxalic Acid dalam 1 liter air bersih (gunakan tempat bejana berbahan plastik).. aduk hingga benar2 terlarut sempurna (+/- 10 menit)
  • Di tempat terpisah (teko/bejana berbahan plastik) siapkan 100 gram texapon
  • Tuangkan larutan sodium sulfat dan oxalic acid secara bertahap kedalam bejana texapon sambil terus diaduk perlahan (jgn terlampau kencang utk menghindarkan terjadinya busa)
  • tuang dan dan aduk terus hingga merata sampai semua larutan sodium sulfat dan oxalic acid habis… anda akan memperoleh larutan kental.
  • Setelah cairan kental deterjen telah jadi, tambahkan 50 gram waterglass sbg redeposisi agent (mencegah kotoran menempel kembali)
  • tahap akhir tambahkan parfum secukupnya sesuai selera anda.

HOLAAA….. anda berhasil membuat deterjen cair sendiri…. selamat mencoba.

Catatan: Anda bisa memakai deterjen ini sbg sabun cuci piring cair.. tentunya dgn menambahkan warna dan parfum yg sesuai…… selamat bereksperimen…. dan nikmati kepuasan membuat sendiri kebutuhan anda!

Comments on: "CARA MEMBUAT DETERJEN CAIR MURAH" (23)

  1. NURHIDAYAT said:

    TERIMA KASIH PAK PAULUS,… SAYA SUDAH BANYAK SEKALI BACA ARTIKEL TENTANG THINNER,… SY BEKERJA DI PERUSAHAAN PRODUKSEN THINNER,… SY TAHU SEMUA FORMULASI / KOMPOSISI + HARGA NYA,… SY SERING MEMBUAT THINNER BERDASAR CONTOH DR KONSUMEN DAN SELALU BISA,… TAPI KADANG KEPENTHOG DNG HARGA YG ORANG BILANG KEMAHALAN,… DGN ARTIKEL BP. SAYA AGAK TERBANTU TERNYATA ADA NBA YG SELAMA INI BLM PERNAH SAYA PAKAI,.. MUDAH2 AN BISA MENEKAN KOST,.. DAN BISA BERSAING DENGAN PRODUK THINNER YG LAIN,… TERIMA KASIH!

  2. Antonius Yudi Priyono said:

    Salam Pak Paulus ,
    Saya saat ini sedang mencoba water transfer printing yang media filmnya saya dapat dari cina dan saya mengalami kesulitan untuk pengadaan cairan activator yang tidak bisa masuk ke indonesia tetapi mereka memberikan formula sbb: Isophorone, Cyclohexanone, MEK (Methyl ethyl ketone ), MIBK (Methyl isobutyl ketone), Xylene. Masalahnya ada bahan kimia yg tidak dapat dibeli bebas, untuk jalan keluarnya apakah ada bahan pengganti atau bahan yang sudah jadi tersedia di pasaran. Terimakasih

    • Salam Antonius,

      komposisi aktivator yg anda tuliskan adalah komposisi yg umum dipakai sebagai pengencer pd sablon solvent based…. yg paling sederhana adalah buat aktivator tsb dgn cara mencampurkan M3, M4 dan M4super (1:1:1).. ketiganya bisa anda beli bebas di toko2 penjual bahan sablon…terima kasih

      • Salam Pak Paulus..
        Saya sham dari malaysia…. hendak tahu apa itu M3, M4 dan M4super kerana saya juga pening untuk membuat water transfer kerana aktivator nya susah didapati di sini..,. sekarang saya senang menggunakan cat clear tin yang kadang kala menjadi dan tidak… harap pak paulus dapat membantu saya….

  3. bos klu sabun cair utk kuman dan wangi harus ditambah apa

  4. kalau sabun cuci pakaian cair bagaiman resepnya, boleh donk pa

  5. Saya ingin tanya,apakah semua formula termasuk aman?…tidak menbahayakan bagi kesehatan kita?…

  6. malam pak , komposisi detergen diatas hanya untuk 1 liter detergen cair ya pak , jika saya ingin buat dalam jumlah 25 liter detergen cair itu komposisinya bagaimana pak , dan jiak saya ingin tambahkan bahan seperti : natrium perbonat , natrium silikat ,
    terimakasih

  7. salam agnes,
    pak paulus saya mau taya, bahan2 pembuatan detergen cair biasa nya kita beli dimana ya?saya jd kepengen mencoba. atas informasi nya sy ucapkan trimakasih.

  8. Pak paulus, saya bekerja sbg teknisi printer,sering sekali berhubunguan dengan hea/catridge printer yang mampet oleh tinta kering.saya sudah mencoba beberapa produk head clenear tetapi belum ketemu yang “ampuh”.bisakah pak paulus membantu membuatkan pengencer untuk tinta yg kering tsb,yng tidak merusak plastik dan logam.terimakasih.

  9. Beli bahan-bahannya dimana ya pak?

  10. lapak qanita.com said:

    detergen cair dan bubuk itu lebih baik mana gan?
    makasih

    • tergantung darimana sisi pandangnya gan… klu dari sisi ramah lingkungan maka kedua-duanya jelek..

      klu ditinjau dari sisi keawetan kain dan kepraktisan .. deterjen cair lebih unggul
      klu dari sisi kemampuan mengangkat kotoran.. relatif sama kemampuannya
      dari sisi lama penyimpanan.. deterjen cair lebih unggul

  11. dear pak paulus…
    saya tertarik setelah membaca artikel bapak…saya baru mau memulai, yang ingin saya ketahui dari pengalaman bapak yaitu berapa cost/modal usaha yang harus saya keluarkan untuk usaha pembuatan deterjen cair mulai dari peralatan dan bahan baku hingga bisa dipasarkan untuk kapasitas produksi 1000 ltr/bulan…terima kasih

    • @ Marhadi
      pembuatan deterjen cair bisa dimulai dgn peralatan yg sgt sederhana. (drum plastik dan pipia PVC sbg pengaduk).. inipun sdh mampu mengcover kebutuhan 200 liter/hari

      jika diasumsikan bahwa 1.000ltr/bulan adalah dijual dgn cara titip jual (bayar belakangan) maka anda tentunya harus mempersiapkan dana utk pembelian bahan sejumlah 1.000 liter barang jadi.. biayanya gak terlalu besar kok… 5 jt sdh cukup.

  12. sugi oktavianus said:

    Pa maaf sy ingin menanyakan apa setiap bahan bahan thiner dan diterjen itu dijual eceran?trus masing masing bahan bahan tersebut di jual di mana atau bisa sy dapatkan dimana ya pa?kalau boleh sy minta no hp atau yg lain agar bisa komunikasi dengan spesifik dengan pa paulus?trm ksh bnyk

  13. saya sudah mencoba membuat deterjen cair dengan resep tersebut, kenapa ya terjadi endapan putih. kecurigaan saya itu endapan sodium sulfat

  14. apakah penambahan waterglass tidak mengendap .?
    dan hasil akhir apakah tidak terlalu encer ?

  15. Kalau mau beli bahan-bahannya dimana ya Pak?

  16. apa yg dimaksud dengan waterglass pak, dan untuk menambah kekentalan bahan apa yg bisa ditambahkan selain cmc dan nacl

    • To Maharsyam:

      water glass nama kimianya sodium silicate, bisa dipakai sebagai bahan anti redeposisi.

      Pengental/thickener ada banyak ragamnya..yang paling umum dipakai memang selulosa,semisal natrosol.

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

