open mind.com weblog

PERMOHONAN MAAF


MOHON MAAF KEPADA SEMUA BLOGGER DAN REKAN2 YANG MENGIKUTI BLOG SAYA……

 

Dua bulan terakhir aku sangat disibukkan dengan rangkaian kegiatan perayaan Natal 2011 (kebetulan tahun ini aku ditunjuk sebagai ketua panitia di Paroki St. Stefanus)…. mohon maaf sebesar2nya jika banyak pertanyaan dan komen yg tdk sempat termoderasi.. dan banyak permintaan tulisan baru yg belum sempat terpenuhi…

 

Saat ini aku sedang menyelesaikan laporan pertanggung jawaban panitia… segera setelah semuanya selesai, aku akan segera menemui kalian semua dengan tulisan2 baru yang mudah2an bisa memberi manfaat bagi yang membutuhkannya….

 

Happy New Year 2012….

regards..

Paulus Miki Sucahyo

Comments on: "PERMOHONAN MAAF" (31)

  1. Pak Paulus, mohon bantuan bagaimana cara menghilangkan atau melunturkan pewarna dalam keadaan kering?
    Apakah thinner dapat digunakan untuk tujuan ini?
    Terimakasih.

  2. salam kenal pak paulus,mau tanya bahan kimia buat perontok cat,yg paling bagus,selain caustic soda,kira2 bahan apalagi ya pak?klo caustic soda+borak+amonia,kira2 gimana ya pak,ok makasih

    • Salam Suwisan,

      kayaknya anda sdh paham deh cara membuat remover….. bahn2 yg anda sebutkan semuanya memang bisa dijadikan bahan remover…

      tetapi ada satu yg kurang lengkap.. ini paint remover untuk bahan apa? kayu, logam atau plastik?

  3. Salam kenal Pak Paulus, saya mohon bantuannya bagaimana untuk mengencerkan getah alam seperti kemenyan dan menggunakan bahan apa..
    Demikian pertanyaan saya.Terimakasih
    (mohon dibalas ke email saya)

    • Salam Chandra,

      banyak sekali solvent yg bisa dipakai untuk melarutkan getah alam…caranya dgn merendamnya sebentar kemudian melakukan pengadukan (proses mixing) hingga terlarut sempurna..pd sebagian besar getah alam, selalu didapati waste/pengotor..jadi tahap berikutnya adalah melakukan filtrasi/penyaringan.

      berikut solvent2 yg umum utk melarutkan gum benzoine (getah alam kemenyan):
      XYLENE
      TOLUENA
      METHYL ETHYL KETONE (MEK)
      ISOPROPYL ALCOHOL (IPA)
      ACETONE
      dan lain2…..

      maaf say jawab di blog ini, mungkin bermanfaat juga utk rekan2 lain yg membutuhkan. Terima kasih.

  4. agus putranto said:

    Kepada Bpk Paulus terima kasih atas informasinya walau saya belum mecobanya, Pak Paulus untuk membikin tiner super atau tiner a dimana saya bisa beli bahan bakunya(solo) terima kasih sebelumnya.

  5. Salam Kenal pak paulus,saya mohon bantuan untuk pembuatan varnish UV untuk aplikasi pada kertas,terima kasih

  6. pak saya mau minta cara pengecatan dengan teknik gloss mohon sejelas mungkin saya pemula pak. trims

  7. bapak paulus nama yang sama persis dengan alhm. bapak saya yang meninggal bulan maret lalu yang baru dpt 3 thn ini baru bisa berkomunikasi dan yang sekreatif anda, semoga Tuhan Yesus selalu menyertai sekeluarga.

  8. Halo Pak Paulus.
    Bisa minta tolong formula untuk thinner perontok cat (solvent based) Pak?
    Terima kasih

  9. Berl Brain Briant said:

    Salam kenal pak Paulus, apa ada yang jual cat chrome?? mohon referensi nya ke imel saya pak. trims b4

  10. Salam kenal pak paulus.

    Saya lisa….

    Bahan-bahan kimia untuk cuci black dollar apa aja. Dimana lab. untuk pengujian keaslian dollar. mohon informasinnya. Terima kasih

    Gbu

    • @ Lisa…

      saran saya… jgn percaya isu sulap black dollar… terlalu banyak jaringan tipu2 di dunia tsb… black dollar yg asli memang ada tapi saya yakin 99% yg beredar adalah palsu.

  11. apakah blog ini masih aktif pak? soalnya saya tertarik utk tanya2 lbih dlm lg mengenai thinner dan coating.

  12. Salam kenal pak paulus..

    perkenalkan pak, sy aditya, ingin menanyakan tentang Hydrographics.
    terdengar asing bagi saya, tentang Hydrographics tersebut. ada beberapa point yang saya mau tanyakan ke bapak :

    1. apa komposisi dari cairan activator yang disemprotkan pada link video sbb

    2. sy coba membaca blog luar dan saya mendapatkan beberapa formulasi sbb

    Formulasi A :
    Butoxyethoxy or Ethyl Acetate 65%
    Butoxyenthanol 15%
    Butyl Benzyl Phthalate 20%

    Formulasi B :
    Xylene 42%
    isobutanol (isobutyl alcohol) 5%
    butyl 17%
    b-butanone (MEK) 8%
    methyl acetate 28%

    Formulasi C :
    Xylene 42%
    Isobutanol 5%
    Butyl 17%
    B-butanone 8%
    Methyl 28%

    mohon bantuan pak paulus untuk menjelaskan formulasi apakah yang dipakai, berhubung saya orang awam, jadi saya tanyakan pada ahlinya yaitu pak paulus,,, terimakasih pak

    • @Aditya
      sudah saya jawab via FB, tq.

      • pak mohon mengenai pertanyaan sodara @Aditya jg dikirimkan k email sy jg pak. (reza_nyquist@yahoo.com)
        saya sangat tertarik dengan pembahasan tersebut namun hingga sekarang saya masih belum mendapatkan referensi yang tepat. mohon bantuan bapak. saya mohon. terima kasih sebelumnya

  13. Salam Kenal Pak…
    Saya zuhri,
    Pak saya lg trial buat tinta whiteboard (solvent-based), tp warnanya kok nge-doff ya…?kira2 kimia apa yg bisa membaut kilau tinta saya (yg larut dgn EA & BA)? mksh pak…

    • @ Ontherock
      coba tambahkan levelling agent pd tinta tsb.. ada banyak merk paten yg sgt bagus misal BYK dan EFKA.
      atau klu dibutuhkan harga yg ekonomis coba tambahkan butyl cellossove (BC) pd komposisi tinta anda..

  14. firdiansyah said:

    salam kenal pak paulus, sy mhn bantuannya pak, sy menggunakan soda api utk merontokkan cat (pr*pan teak) di daun pintu, tp catnya tdk rontok malah kayunya spt licin klo diamplas (spt ada lemak diatasnya), walaupun diamplas kasar pun ngg bisa. bgm cara menghilangkan bekas cairan soda api tsb dan apakah ada di jual umum (toko bangunan). trims pak atas bantuannya, sukses selalu

    • @ Firdiansyah
      menggunakan soda api sbg remover hanya efektif pd logam mas…
      klu di kayu akan berpotensi merusak kayu itu sendiri krn sifat oksidator soda api yg sangat kuat.

      saya masih agak bingung dgn “cat tdk rontok” tapi timbul “spt lemak” di atasnya.. apakah maksudnya ada lapisan licin di atas cat yg lama?

      jika terjadi spt itu, kemungkinan kayu itu masih “basah (kandungan getahnya tinggi) shg saat terkenan NaOH timbul semacam lapisan lilin…. coba anda gosok dgn solvent methylene chloride (MC) mas.. selamat mencoba.

  15. saya ingin sekali berkenalan langsung dengan bpk,karena banyak persamaan tentang perjalanan bisnis yang saya lewati,sehingga terpaksa harus hijrah kekalimantan

  16. Salam kenal pak paulus..

    perkenalkan pak nama saya sulistyo, ingin menanyakan tentang Hydrographics yg sebelumnya sudah ada yg bertanya sebelumnya
    bisakah bapak memberitahu formula2 yg efektif untuk membuat aktivatornya pak ? Saat ini saya belum mendapatkan isobutanol, jika tidak ada kira2 bahan penggantinya apa ya pak terimakasih🙂
    Tolong di jawab ke nomer ini ya pak 085714664111

  17. Pak Paulus, Elizabeth mau tanya bahan komposisi untuk membuat molto yang murah, dan cara supaya parfumnya wanginya bisa keluar dan tidak hilang saat selesai cuci.
    Terima kasih ya

  18. pak paulus saya iingin bertanya tentang prontok cat,motor saya baru saja di cat di tempat airbrush dan ternyata hasilnya mengecewakan dan saya ingin merontokan cat tersebut dengan chemical. chemical apa ya pak yg cocok untuk perontok cat di body plastik?lalu kalo boleh saya ingin tau chemical untuk membuat crom

  19. Salam sejahtera pak paulus….

    maaf pak paulus saya mau tanya,
    bahan kimia apa saja yang terkandung dalam spray chrome ?

    terima kasih GBU

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

