open mind.com weblog


MODUL III : MELAMINE CLEAR SEMI GLOSS

 

Jenis                  Clear dengan basis alkyd dan amino resin 2 komponen yang kering karena pengaruh asam

Uraian :

Melamine clear tahan terhadap air panas, es dan bahan kimia. Lapisan filmnya bening, keras namun fleksibel dan tidak mudah retak. Digunakan untuk kayu, furniture, ukir-ukiran, kabinet tv dan lain-lain.

Data Teknik :

Kecepatan kering                    :           Kering sentuh  : 5 menit

Kering keras    : 30 menit

Daya sebar                             :           10 m2/liter campuran

Pengencer                              :           Thinner A Spesial

Pengeras                                :           Melamine hardener;  9 : 1

Cara penggunaan                   :           kwas, roll, semprot

Kilap                                        :           Semi gloss

Warna                                     :           Transparan

Viscosity                                  :           60 detik Ford Cup 4

Selang top coat                       :           20 jam

Solid contain                           :           60%

Berat jenis                               :           0,94

 

Persiapan permukaan

Permukaan kayu/rotan yang akan dicat harus terlebih dulu didasari dengan melamine sanding sealer

 

Penggunaan

Aduk melamine , campur dengan melamine hardener dengan perbandingan 9:1, tambahkan thinner A spesial secukupnya aduk hingga homogen sebelum diaplikasikan.

 

III.1. Pembuatan Melamine Clear Semi Gloss

Formulasi:

  1. Xylene                                           10%                                         17        kg
  2. SBP                                               6,5%                                        11        kg
  3. BC                                                 2,5%                                        4,25     kg
  4. Matting agent                                 0,5%                                        850      gr
  5. Dispersing agent                           0,5%                                        850      gr
  6. Short oil alkyd resin                       40%                                         72        kg
  7. Amino resin                                   40%                                         72        kg

 

Prosedur pembuatan :

  1. masukan berturut turut Xylene, SBP dan BC kedalam bejana
  2. aduk setengah menit (100 rpm)
  3. masukkan matting agent kemudian aduk ±10 menit (300 rpm)
  4. masukkan amino resin  kemudian aduk ±10 menit (300 rpm)
  5. masukkan short oil alkyd resin, aduk ±10 menit (600 rpm)
  6. tambahkan dispersing agent aduk 5 menit (350 rpm)
  7. let –down, kurangi kecepatan putaran mixer secara perlahan lalu matikan mixer.

Comments on: "Pembuatan Cat Melamine Clear Semi Gloss" (45)

  1. Pak mohon bantuannya,tolong saya di email-kan ke alamat email saya ;pip.info@yahoo.co.id, cara pembuatan thiner super,nd & high gloss.Dan di mana sya mencari bahan bakunya juga untuk bahan baku pembuatan cat melamine,trimakasih.

    • Bu Ivana,

      untuk bahan baku coating/cat, ibu bisa mendapatkan alamat supplier dari yellow pages dibawah directory chemicals… rata2 supplier kimia (besar) memiliki divisi untuk bahan baku cat…. ibu tinggal pilih yg ada di kota domisili ibu atau yg terdekat… dlm tulisan ini saya memakai merk2 resin produksi PT. Eterindo…..

      Untuk formulasi thinner akan saya segera tuliskan di blog ini. Terima kasih.

  2. Pak Paulus mohon bantuannya,untuk finishing bahan dari batu alam supaya kelihatan bagus campuran untuk cat clearnya apa saja selain Thinner dan melamin.
    mohon dikirimkan via email. Terima kasih

    • Salam mas Sumarsono,

      maaf saya balas di blog ini ya.. mungkin bermanfaat juga buat yg lain.

      Untuk coating batu alam, anda akan mendapatkan hasil yg maksimal jika memakai stone coating dgn basic clear- acrylic, bisa water-based atau solvent-based. Thinnernya juga memakai thinner acrylic… atau xylene sbg solvent tunggal sdh sangat bagus utk stone coating.

      makasih.

  3. slm salut luar biasa buat pak paulus……!maaf sbelum’y.saya supplier thiner&spirtus.saya ingin belajar membuat dempul mobil.sudilah kiranya pak paulus mengajarinya.terimakasih sbelumnya

    • Salam Arip,

      wah ada boss rupanya disini….🙂
      Dempul plastik polyester apa masih cukup feasible pak? pemainnya buanyaakkk… harganya banting2an… hemat saya produk ini kurang menggiurkan jika kita tdk memiliki jaringan penjualan yg sangat luas sebab sgt tergantung pd volume penjualan….. margin tipis banget boss….

      Thanks.

  4. om Paul yg baik,saya mau nanya bagaimana c a ra membuat wood filler yg paling sederhana,baik dg campuran air atau solvent? apa bahasa yg mudah untuk istilah dyes stuff atau pigmen warna pada wood stain?

    • salam Rosyid,

      wood filler untuk diproduksi massal atau pemakaian pengerjaan pribadi mas?

      untuk water-based paling sederhana dgn cara memberi pasta warna pada dempul tembok sesuai kebutuhan. Atau mencampur dempul tembok dgn cat genteng utk mendapatkan warna tertentu. (kayaknya aku blm tulis formulasi dempul ya? klu blm nanti kutuliskan di blog ini) Cara lain dgn mencampur serbuk kayu (gerajen) dengan lem putih kemudian diberi pasta warna sesuai kebutuhan.

      untuk yang solvent-based paling sederhana dengan menambahkan calcium dlm jumlah cukup kedalam NC sanding sealer, kemudian memberi pewarnaan sesuai kebutuhan menggunakan wood-stain….

  5. Pak Paulus yg terhormat .

    Pak .. saya ingin membuat melamin clear gloss dan melamin sandhing s . tetapi saya kesulitan membuatnya dan memperoleh bahan bakunya.

    Mohon kepada Pak Paulus untuk bisa membantu saya dalam kesulitan tersebut.

    Dan saya sudah mempunyai pasar untuk melamin clear gloss , melamin sandhing , dan thinner di daerah Pasuruan,Tulungagung,Blitar,dan Kediri.

    Apabila Bapak bisa membantu saya untuk pembuatan melamin dan bahannya, saya akan mengambil sekalian bahan bakunya.

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih sebanyak banyaknya dan kerja samanya.

    • Salam Tanto,

      mohon maaf sebelumnya, krn sebenarnya saya pribadi tdk menjual bahan2 baku pembuatan coating. Tapi saya bisa hubungkan mas Tanto dgn bbrp rekan supplier. Saya bisa bantu bapak utk konsultasi pembuatan melamine, atau bapak bisa pelajari di blog ini di Cara Membuat Cat Untuk Industri Kecil.

      silahkan bapak berikan nomer yg bisa dihubungi utk keperluan supply bahan baku. Terima kasih.

  6. makasih bnyk om atas jawabannya,wood filler maunya dipakai sendiri supaya irit. sy akan memulai usaha finishing mebel,jadi bagaimana nyari bahan yg mudah dan murah. he…he..he..maklum tdk punya modal . sy mau nanya lagi om,mudah2an om paul tdk bosan jawabnya. – bagaimana cara membuat lem putih/lem untuk kayu? bagaimana membuat thinner B yg paling sederhana ?terus bagaimana cara mengatasi sending sealler yg alot saat diamplas,karena cuaca yg lembab?terima kasih om ,sekali lg mudah2an om Paul tdk bosan menjawabnya.
    salam.

    • Salam Rosyid,

      thinner B paling sederhana bisa dibuat dari kondensat (minasol/bransol).. atau klu gak butuh terlalu banyak bisa diganti dgn premium… [ilegal kayaknya deh🙂 ]

      Kalau sanding susah diamplas, tambahkan zinc stearate atau klu susah dpt bahannya tambahkan sedikit clear gloss atau tambahkan Thinner A super.

      Untuk lem Putih (PVAc) agak susah dibikin secara murah krn butuh permesinan yg agak mahal… prinsip kerjanya sih agak mudah anda tinggal beli resin PVA (granul) terus larutkan pada air dan tambahkan filler utk menambah daya rekat dan tambahkan bbrp aditif seperti dispersing, plasticiser dan anti bakteri…

      kurang feasible utk pemakaian sendiri…lem putih kan sdh murah.. makasih.

  7. maaf om Paul mau nanya lagi nih bagaimana cara membuat lem PU satu komponen? terus bisa gak ya om Paul memberikan penjelasan bagaimana cara memodifikasi sherlak lokal menjadi sherlak yg kualitasnya sama dengansherlak india,tapi dikirim lewat email saya aja di ri_ri_nad@yahoo.com?makasih om,sy banyak mendapat ilmu dari om Paul.

  8. UNTUK BAHAN2 PEMBUATAN MELAMIN D JAKARTA DIMANA YA PAK??

  9. salam pak pulus.
    Rais mau tanya gimana cara membuat melamine datt matt?
    kalau bisa sekalian formula (bahan-bahannya) karena kalau menurut sy bisa membuat semua melamine clear doff, clear satin,semi gloos,medium gloss, yang penting datt matt nya ketemu duluan dan tinggal d kutak-katik dengan clear gloos aja pak karena saya pernah belajar d pt propan raya I.C.C bantu saya yach pak?

    • Salam Rais,

      untuk starting formulation bisa dilihat di blog ini pd Cara Membuat Cat Untuk Industri Kecil

      untuk doff (matt) anda tinggal memberikan matting agent yg sedikit lebih banyak, umumnya sekitar 2,5% dari total berat.

  10. pak saya mau ngecat sangkar burung dari kayu, campurannya perbandingan gmn, knp selalu hasilnya kurang memuaskan

    • Mau dicat dgn karakteritik spt apa Dod? gloss? doff? semi?

      yg pasti sblm dicat, permukaan kayu harus dikondisikan dulu, dibersihkan dari semua jenis pengotor lalu diamplas dulu…. kemudian berikan cat dasar… diamplas lagi…..lalu top coat.

      jenis cat apa yg mau dipakai? aplikasinya beda2 loh….

  11. Mohon pencerahannya Om Miki,
    mau tanya bedanya :
    Butyl Cellulose
    Butyl Cellosolve
    Butyl Carbitol
    Terima kasih banyak

    • Salam Daniel,

      jika pd pembahasan mengenai thinner/solvent maka utk BC kemungkinan besar yg dimaksud adalah Butyl cellosove… sebab utk Butyl Carbitol umumnya orang menyebut sbg carbitol… keduanya berguna sbg pelarut yg memiliki keistimewaan pd kilap.

      sementara butyl cellulose, serat yg biasa dimodifikasi utk keperluan fiber dan sgt jarang disebut dlm dunia coating. Yang umum utk coating adalah nitro cellulose .. biasa disebut NC.

      terima kasih.

  12. maaf ada yg ketinggalan pak…
    mau tanya bedanya dan kegunaan :
    Butyl Cellulose
    Butyl Cellosolve
    Butyl Carbitol
    karena disetiap ulasan hanya disebutkan singkatan BC,
    tetapi terkadang saya bingung itu “BC” yg mana? Cellosolve, Carbitol atau Cellulose
    Maaf yah terkesan awam sekali

  13. om paul,yg dimaksud dg kondensat itu apa?terus dimana saya bisa mencari kondensat(minasol/bransol) untuk membuat thiner B?ada gak di Solo atau semarang?matur nuwun om…

    • Salam Rosyid,

      kondensat (minasol/bransol, dll) sebenarnya hasil kondensasi gas alam cair… mjd bentuk cair yg dpt dipakai sbg pelarut cat tertentu (khususnya synthetic enamel)

      di daerah Semarang banyak sekali produsen thinner skala besar yg juga menjual kondensat.. coba anda cari PT. Pelangi Cemerlang di semarang… mereka menjual bransol.

      matur nuwun.

  14. pak saya mau tanya seperti gitar listrik yamaha dan samick pakai coating apa ya kok bisa keras banget…apa bener pakai resin…trim GBU.Agung solo

  15. pak saya minta diajari bikin clear coating yang bagus untunk finishing gitar,,,yang hasilnya keras kayak gitar samick dan gitar pabrikan yang ada dipasaran….trim GBU

    • Salam Agung,

      Beberapa jenis gitar pabrikan masih menggunakan clear coating tipe melamine… yg formulasi dasarnya sdh saya tuliskan disini.

      Sementara bbrp merk (terutama utk ekspor) memang tdk lagi menggunakan melamine tapi memakai cat klir PU.

      Agung bergerak di bidang kerajinan gitar atau pembuatan cat-nya?
      kalau bergerak di bidang kerajinan gitar saya sarankan utk membeli dulu produk PU clear coating yg sdh banyak tersedia di pasaran krn pembuatan cat PU membutuhkan bbrp bahan yg relatif mahal dan harus dibeli dlm jumlah minimal 200 kg.

  16. sebelumnya terimakasih atas ulasanya saya mau tanya bahan dan formulasi yang dibutuhkan untuk membuat wood stain solven base

  17. Salam Pak Paulus,
    Saya mencoba untuk memproduksi atap metal yang ditabur batu alam, untuk pernis finishingnya itu kurang mengkilap hasilnya, ada gak bahan campuran kimia lg yang bisa membuat prodak lebih mengkilap lagi, untuk saat ini saya beli pernis jadi dari pabrikan dengan berbasis air, thanks

  18. Salam pak
    saya mau tanya dimana bisa beli pu resin dijakrta dalam eceran setidaknya untuk awalnya atau sample apa bapak bisa bantu mengadakan dalam jumblah kiloan dulu
    thanks gbu

  19. Dear Pak Paulus
    Mohon maaf saya tertarik sekali artikel2 yang bapak telah tulis di blog ini

    Sy mau tanya cara buat pelicin sekalian pengharum pakaian ( seperti TRIKA or RAFIKA ).

    terima kasih atas perhatiannya

    Hormat
    Ismoe

  20. salam aku ntuk pak paulus
    pak paulus minta tolong dong cara membuat clear coat mobil,gimana caranya…..
    atas perhatianya saya ucapkan trima kasih kepada pak paulus

  21. Trus terang saya sangat bangga dan terkesan sama ulasan yg om samapaikan pada semua penanyak. Salam kenal om, sy mau nanyak om, setelah kita memberikan claer gloss atau dof,ternyata masi kelihatan kurang dan saya tambahkan lagi itu hasilx selalu retak? Cara mengatasinya gmn om? Trimakasi sebelumx om..

  22. Pak, saya biasanya pake lem kayu fox putih untuk jilid buku…tapi kendalanya dalam pengeringan prosesnya lama esok harinya baru kering.

    lem Fox putih main based nya PVAc B-2, Mohon Petunjuk hardener atau crosslinker yang dapat menambah daya rekat dan kecepatan kering 5-10 menit.

    MOhon Nama Hardener/crosslinker dan dimana saya bisa membelinya…

    GBU

  23. salam sejahtera pak paulus ,pak bagaiman membuat cat polyurethan base coat untuk cat mobil,juga dimana saya bisa beli tinting warna nya
    terima kasih

  24. Pak Paulus Miki Sucahyo …. trimakasih atas tulisan anda di blog ini….banyak pengetahuan yg saya dapat

  25. selamat sore pak, pak minta info tentang suplier/pabrikan mesin sand mill, saya sudah 5 bulan cari belum dapet. mohon bantuannya pak. thanks.

  26. bisa minta HP nya pak Paulus

  27. Om paul ,kt tmn saya gabus ato stereofoam bisa dbuat unt pembuatan melamyne dg premium sbgai pngganti thinner.tp saya tidak dksh tahu bhn campuran lainnya supaya bsa dpt djadikan melamyne.mohon bantuan om paul apa bhn2 campuran lainnya

  28. pa paulus moho di kash tau teknik pwarnaan dan pengerjaan melamin oil base ,saya menggunaka wood stain salak brown merk ichiban tapi warnanya gk memuaskan ,dan brp ukuran hardener yg di campurkan pada sending seller dan clir matt ,apaka cuaca juga berpengaruh ,terimakasih

  29. Mf pak ikut nimrung,apakah resin polyester dapat dibuat secara sederhana dan adakah bahan penggntinya yg lebih ekonomis

  30. Salam sejahtera om paul, mohon pencerahannya untuk supplier bahan coating di kota malang di mana ya …..
    mohon bantuannya, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

