open mind.com weblog

Tips Pengecatan Tembok Baru


Tembok baru yang sama sekali belum pernah dicat biasanya memiliki banyak pori-pori. Ada yang besar, ada yang kecil, tergantung proses aci pd pemlesteran tembok tersebut. . Seperti halnya pada batu atau kayu, pori-pori dapat meresapkan benda cair yang ada pada permukaannya. Begitu juga halnya pada dinding. Jumlah pori-pori yang banyak dapat meresapkan cat ke dalam tembok. Akibatnya, volume cat yang digunakan pun bertambah banyak. Hal tsb adalah sebuah pemborosan yg tdk perlu anda alami.

Dua masalah utama pd tembok baru
1. Kelembapan di dalam tembok yang berasal dari pencampuran bahan dasar sebelumnya
2. Derajat alkali/garam dari bahan dasar.

Dua masalah tersebut akan berkurang seiring berjalannya waktu dan pengaruh cuaca, tetapi umumnya dibutuhkan waktu yg relatif lama utk menunggu kedua faktor tsb, dan pemilik rumah tdk mungkin sabar menikmati keindahan rumah barunya.

Tips mengecat tembok baru:
Agar hemat, sebelum pengecatan, gunakan sealer tembok water-base atau solvent-base yang berkualitas baik. Sealer membuat permukaan tembok halus, rata, dan mengurangi pori-pori pada dinding.

Hindari penggunaan cat minyak atau lateks vinil langsung pada tembok yang berumur kurang dari satu tahun. Terlebih lagi jika dinding masih belum dilapis dengan sealer tembok alkaline-resistant. Sealer alkali ini berfungsi untuk mengurangi kadar garam/alkali pada dinding. Garam/alkali memiliki pengaruh negatif terhadap cat. Keduanya akan merusak keutuhan film dan memudarkan warna lebih dini.

Untuk pengecatan awal, bisa juga digunakan cat lateks akrilik 100%. Jenis cat ini lebih tahan terhadap pengaruh alkali/garam dibandingkan cat alkid dan cat lateks vinil. Jika perlu bisa diaplikasikan pada tembok yang relatif baru tanpa pemakaian sealer lebih dulu.

catatan:
pemakaian sealer (plamuur) tetap dianjurkan untuk tembok yang berumur kurang dari satu bulan.

Comments on: "Tips Pengecatan Tembok Baru" (2)

  1. Shallom pa,

    Terima kasih utk blog-nya, sangat berguna dan berkualitas.
    Bisa menjadi berkat untuk banyak orang…
    Pa, bisa minta tolong untuk formulation untuk sealer alkali resistant – water & solvent base ?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Shalom,

      Terima kasih kembali Melly, saya turut senang jika blog ini bisa sedikit memberi manfaat bagi yg membutuhkan… dan semoga bisa memberi berkat bagi yg memanfaatkannya. Amin.

      Akhir2 ini saya agak sibuk dan jarang mengunggah tulisan baru, akan saya usahakan luangkan sedikit waktu utk menuliskan bbrp formulasi seperti yg anda inginkan dan bbrp formulasi lain yg diminta rekan2 kita yg lain.

      Semoga Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: