open mind.com weblog


Pada umumnya coating batu alam dibuat dari resin acrylic thermoplastik, caranya sangat sederhana, kita tingal mengencerkan resin tsb dgn pengencer (xylene) sampai kekentalan tertentu.

1. GLOSS

Larutkan Resin acrylic thermoplastic dengan Xylene dgn perbandingan 6:4.. aduk merata.

2.GLOSS CANDI (hitam transparan)

larutkan terlebih dahulu dyes stuff hitam secukupnya pada xylene… aduk hingga larut total.

Kemudian larutkan Resin acrylic thermoplastic dengan Xylene (yg telah diberi dyes hitam) dgn perbandingan 6:4.. aduk merata.

3. DOFF

Larutkan 200 gram matting agent dalam 6 liter xylene.. aduk hingga terbentuk gel (+/- 15 menit).. tambahkan 5 ml dispersing agent… aduk merata 5 menit… kemudian tambahkan 4 kg resin acrylic thermoplastic… aduk hingga merata.

4. DOFF CANDI (hitam transparan-doff)

—idem no 3 tapi tambahkan dyes stuff hitam secukupnya kedalam xylene—-

selamat mencoba

About these ads

Comments on: "CARA MEMBUAT CAT BATU ALAM (SOLVENT – BASED)" (37)

  1. salam sejahtera selalu untuk kita semua.slamat sore pak paulus.setelah saya membaca artikel pak paulus mengenai coating solventbase,saya tertarik utk mencoba,tp masalahnya agen bhn acrylic solventbase sulit didpt.sekiranya pak paulus tahu agen bhn tsb.saya ucapkan terima kasih sebelum dan sesudahnya,sekiranya pak paulus bisa memberi balasannya.

    • Salam Santo,

      acrylic solvent-based (tipe thermoplastik) tdk terlalu sulit diperoleh… hampir semua produsen resin memproduksi jenis ini… misal Eterindo, Pintu Mas, Stella, dll.coba dihubungi dulu supplier2 yg bergerak dlm penjualan resin… tapi memang mereka rata2 menjualnya dlm bentuk kemasan drum (200 kg)

      terima kasih.

  2. sore pak paulus,saya mau tny soal waterbase coating,saya pernah mencoba buat waterbase coating,tetapi tingkat glossynya tdk mau tinggi,padahal sdh menggunakan resin 100% full acrylic.Apakah ada bahan additif untuk menambah tingkat glossy pada saat proses,kalau ada berapa % penambahan bahan additif tsb.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas balasannya pak paulus.
    .

    • Salam Santo,

      untuk tingkat glossy dibutuhkan pula jenis resin acrylic dgn high glossy pupose. Resin acrylic water-based dari produsen biasanya bermacam2 kualitasnya… dan memiliki tingkat perbedaan yg terkadang jauh.. pastikan anda sdh memilih resin yg paling glossy…

      Selain itu, bisa juga menambahkan aditif, dlm hal ini water-based wetting agent, umumnya pemakaian 0,5% utk menambah kilap ….

      selamat mencoba.

    • catur yulianto said:

      selau saya selama Anda menggunakan Resin yang pelarutnya water base, sasilnya kalau diaplikasikan tidak dapat gloss. kalau yang diingginkan hasilnya nanti gloss, ya yang dipakai Resin yang solven base.selamat dicoba lagi ya …

  3. salam sejatera pak Paulus..!
    selamet pagi pak, sy mau nanya supaya cat pasta sy biar padat berisi ditambah bahan apa ya pak? soalnya bikinan sy keliatan tipis sekali, msh keliatan bahan kaosnya.untuk sebelumnya sy ucapkan banyak terima kasih.smoga Bpk selalu dalam lindungan kasih TUHAN.

    • Salam sejahtera pak Sudarsono,

      untuk bahan pengisi cat kita bisa memakai banyak mineral alam.. seperti kaolin. silika, calcium, mika, talk dan lain-lain. Masing2 memiliki kelebihan dan kelemahan masing2 (bisa dibaca pada blog saya: cara membuat cat untuk UKM)

      Untuk bahon kaos saya menyarankan pak Sudarsono memakai filler/pengisi berupa CALCIUM CARBONAT 6.000 mesh…. ini akan membuat cat terlihat tebal dan rapat tetapi tetap lentur dan halus.

      Kalsium (calcium carbonat) yg dijual di pasaran bermacam2 tingkat kehalusannya, yg umum dijual di toko bangunan adalah sekitar 800 mesh… bapak bisa mencoba kalsium yg biasa disediakan di toko bangunan tsb, tetapi utk hasil maksimal silahkan gunakan yg kehalusannya 6.000 mesh.

      Cara pemakaian…. aduk cat menggunakan mixer.. sambil terus diaduk tambahkan kalsium sedikit demi sedikt sampai jumlah yg diinginkan.. aduk hingga benar2 merata.

      untuk jumlah filler pengisi (kalsium) bisa berkisar antara 20% s/d 40%….. selamat mencoba.

      GBU.

  4. Salam sejahtera pak paulus , bisakah bapak memberikan beberapa formula untuk cat pelapis kayu yg berbahan dasar waterbased ? Terima kasih sebelumnya

  5. Pak paul , saya mau tanya mengenai cat pelapis untuk kayu yg berbahan dasar air atau waterbased, bisakah bapak memberikan fomula untuk cat pelapis kayu yang berbahan dasar waterbased ? Terima kasih sebelumnya

  6. andi bramantio said:

    terima kasih atas pencerahannya blog pak paulus bisa memberikan saya motivasi untuk membuat usaha industri kecil cat. Pak paulus saya ingin menanyakan bagai mana cara buat cat duco tembaga atau emas untuk digunakan dipagar besi agar memberi kesan efek besi tempa..?? Sekian terima kasih sukses selalu buat pak paulus dan keluarga.

  7. pak paul apakah ada formula untuk menghilangkan warna serat kayu? misalnya serat jati saya hilangkan untuk saya finishing dengan woodstain biru agar warna birunya menonjol? terimakasih

    • Salam Biyan,

      anda bisa menggunakan WOOD BLEACH…. sdh banyak perusahaan cat yg menjual produk ini, silahkan dipilih saja merk yg paling disukai….umumnya memakai basic peroksid atau oxalic acid…selamat mencoba. Terima kasih.

    • Salam P. Paulus & Mas Biyan,
      selama pengalaman saya 18th di mebel, untuk Kayu jati tidak dapat anda hilangkan warna seratnya sebab akan tetap timbul warna Kuning yang semakin lama makin kuat munculnya. Saran saya pergunakan bahan lain mis. Mahogany, Mindy dan kayu rimba lainnya. Terima Kasih.

  8. Cep Husni said:

    Assalamu’alaikum wr. wb. Pak paulus, gimana caranya supaya cat yang saya buat bisa kuat bertahan lama, tidak mudah luntur, dan anti jamur,?
    Bahannya ditambah apa,?

  9. pak paul. saya mau tanya , perbedaan kaolin dengan talc untuk filler didalam cat itu apa yah ? apa keunggulan masing2 bahan, antara kaolin dan talc didalam formula cat khususnya cat tembok ? thanks pak

  10. Salam sejahtera, Pak sampeyan punya formula cat epoxy base coat atau cat flooring, kalau ada bagi kita dong….

  11. agus rahman said:

    pak paul , tolong di bahas pembuatan macam macam cat yg berbahan dasar waterbased donk, terima kasih

  12. vicktor.suryadi said:

    salam pak paulus
    saya vicktor ingin menanyakan untuk membuat lapisan film menjadi tebal dan tahan gesekan
    pengalaman saya memakai resin yang ada dipasaran hasil akhirnya tipis dan kalau digesek dengan sedikit air ia akan mengelupas
    terima kasih atas jawabannya
    keperluannya untuk melapisi bahan dari plastik

  13. salam sejahtera….. saya termasuk salah satu agen acrylic thermoplastic. tp bukan solution…..utk dibuat solution sebaiknya pelarut e apa dan brp perbandingan nya?

  14. Berkah Dalem, Selamat malam Pak Paulus,

    Saya mau mencoba membuat coating batu alam (breksi abu2), Rencana tidak merubah warna batu tsb.
    Dari info bapak diatas, dengan melarutkan Resin acrylic thermoplastic dengan Xylene dgn perbandingan 6:4.

    Saya ingin bertanya lebih lanjut.

    1. Warna doff, ( Sy copy dr data bapak diatas) Larutkan 200 gram matting agent dalam 6 liter xylene.. aduk hingga terbentuk gel (+/- 15 menit).. tambahkan 5 ml dispersing agent… aduk merata 5 menit… kemudian tambahkan 4 kg resin acrylic thermoplastic… aduk hingga merata.
    Matting agent nama bahannya apa juga dipersing agent nama bahannya apa, agar sy cari.

    2. Apakah kita perlu menambahkan anti jamur atau bahan yang lain ?.

    3. Jenis diatas termasuk water base apa tinner ?

    Trimakasih.
    Darma

  15. Selamat malam Pak Paulus.

    Saya menyablon menggunakan tinta merk epi dan coat pada permukaan plastik POM atau acetal..hasilnya tinda sangat mudah mengelupas dan rontok.

    Mohon pencerahan komposisi tiner atau bagaimana..

    Terima kasih pak..

  16. salam sejahtera pak pak paulus
    mau nanya kalau beli akrylic yg cair nya di mana?daerah jakarta atau bandung.saya tinggal di daerah sukabumi.soalnya kebanyakan klu nanyain akrilic banyaknya lembaran aja.trims pak paulus atas ilmunya.

  17. Pak, paul

    Bagaimana formula untuk membuat pembersih kerak keramik atau jamur kaca (water spot) tanpa menggunakan HCl (Asam Chlorida). Karena pembersih lantai keramik/porselen yang ada di pasaran saat ini berbahan HCl yang justru merusak nat lantai keramik.

    Terima kasih atas perhatiannya.

  18. Pak, apa formula yang biasa untuk coating kertas (uv varnish). Apakah pengaplikasiannya harus menggunakan mesin uv? Adakah cara lain mengingat mesin uv relatif mahal buat saya. Terima kasih.

  19. pak paul, bisa bapak buatkan formula untuk cat thermoplastik yg murah

  20. Salam Sejahtera Pak Paulus,

    Saya bergerak di bidang floor hardener beton. Untuk finishing permukaan beton setelah di floor hardener, saya menggunakan coating glossy warna clear supaya bisa mengkilap. Produk coating yang saya gunakan adalah buatan sendiri sama seperti yg bapak Paulus ajarkan di blog ini.

    Yang menjadi kendala utama saya adalah: pertama kali diaplikasikan di permukaan beton, beton menjadi glossy megkilap. Akan tetapi seminggu kemudian (karena kotor, terkena debu, ban mobil, pasir, tanah, dll) warna betonnya menjadi kusam seperti tidak di coating.

    Bagaimana untuk membuat coating supaya glossy nya itu awet tahan lama ?

    Terima kasih atas infonya pak Paulus. GBU :)

    • @Kurniawan Salim

      salam sejahtera mas

      cat batu alam berbasis resin acrylic termoplastik kurang sesuai utk concrete hardener krn tingkat hardnessnya tdk cukup bagus menahan gesekan berat..

      yg lebih sesuai adalah cat yg berbasis PU atau epoxy.. lebih bagus tingkat hardnessnya dan lebih tahan gesek..

      • Terimakasih atas balasannya Pak Paulus.

        Saya berencana untuk mengganti coating berbahan resin acrylic ke coating berbahan Polyurethane (PU).

        Apakah coating berbahan PU itu solvent-based atau water-based ? Bagaimana cara pembuatannya Pak ?

        Merek cat terkenal di Indonesia sekarang ini sudah ada yang meluncurkan produk jadi coating berbahan PU akan tetapi harganya jualnya mahal sekali. Bilamana saya beli jadi coating PU tersebut, harga jual floor hardener saya bisa melambung tinggi kalah dengan competitor, sehingga saya ingin untuk belajar membuatnya sendiri. Tolong pencerahannya Pak.

        Terima kasih atas waktunya, salam sejahtera untuk Pak Paulus dan Keluarga. GBU

  21. cara menuang resin ke kayu

  22. Slamat malam Pak paulus,,,dari tdi saya muter2 dan baca2 artikel di blog bapak sebenere yg saya cari adalah formulasi untuk cat sablon kaos..hehe ternyata blm nemu jga,,
    Bisa minta untuk formulasi tersbut gk Pak untuk dikirim di email saya,,
    Sekalian untuk pasta rubber (transparan & white),cat super white yg ngresep di kain (transparan & white jg),trima kasih

  23. salam sejahtera. just info. bila ada yang membutuhkan supplier solvent untuk bisnis industri bisa menghubungi saya di 081212189035. nama saya mario adinata dari PT Indochemical Citra Kimia. Sukses untuk kita semua, :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 101 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: